Skip to main content

Menabung Bagi Para Pelajar

Kegiatan menabung mungkin sudah diajarkan di dalam lingkup keluarga. Seorang pelajar rata-rata diberikan uang saku oleh orangtua dengan berbagai macam tujuan. Ada yang memberikan uang saku untuk transportasi, untuk membeli makanan di kantin, atau uang saku untuk keperluan ketika terjadi masalah urgent saat melakukan kegiatan sehari-hari.

Bagi seorang pelajar, tentu ada keinginan untuk dapat menyisihkan uang saku atau menabung uang yang didapatkan untuk berbagai macam keperluan, baik untuk keperluan pendidikan atau sekedar untuk hobi. Menabung adalah kebiasaan yang baik dan perlu dilatih sejak dini karena mempunyai banyak manfaat. Setiap pelajar biasanya mempunyai cara menabung yang sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan masing-masing. Maka dari itu cara menabung bagi para pelajar pasti berbeda-beda.

Mungkin awalnya menabung dapat menggunakan celengan di rumah dengan menyisihkan sedikit uang saku untuk membeli barang yang dibutuhkan. Kemudian, target menabung bagi para pelajar akan semakin meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan peningkatan uang saku. Dengan membiasakan diri untuk menabung, para pelajar tidak akan meminta pada orangtua untuk memenuhi kebutuhannya, tetapi berusaha sendiri untuk mewujudkannya.

Menabung juga dapat melatih kita untuk mengatur keuangan sendiri. Dengan kebiasaan menabung secara rutin, kita mampu untuk memperhitungkan berapa uang yang akan dipakai untuk jajan, untuk membeli keperluan, dan berapa yang disisihkan untuk disimpan. Meskipun uang yang kita dapatkan hanya sedikit dan merupakan uang pemberian, tapi setidaknya kita sudah belajar untuk melakukan manajemen keuangan dari hal yang paling kecil.

Dengan menabung kita juga dapat menghindarkan diri dari kebiasaan membeli barang yang mubazir. Hingga dewasa nanti, kita akan terbiasa untuk memberi barang sesuai dengan kebutuhan, baik jumlah maupun jenisnya. Hemat pangkal kaya merupakan slogan yang tepat untuk memotivasi diri agar rajin menabung.

Menabung juga dapat menjadi pembelajaran kita untuk menghargai uang. Kita juga dapat memahami betapa sulitnya untuk memperoleh uang. Sehingga nantinya kita dapat menghargai uang dan usaha yang dilakukan untuk mendapatkannya, juga kita tidak mudah mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak penting.

Ingatlah, untuk mendapatkan kejayaan diperlukan pengorbanan, pengorbanan itu tidak mudah. Tapi dengan membiasakan diri untuk menabung, maka kita akan mendapatkan banyak manfaat, tidak hanya saat kita masih menjadi pelajar saja, tetapi kebiasaan baik tersebut akan kita bawa sampai kita tua. Semoga bermanfaat!

By Nanda Erma Ayuningtyas

Comments